Rubrik Power of Mind Radar Bali : Sehat Berawal dari Pikiran

1 -Sehat Berawal Dari Pikiran -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Sehat Berawal dari Pikiran

Edisi Minggu, 7 Juli 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


BERPIKIR sehat berarti menggunakan daya pikir ini dengan hati yang bersih tanpa disertai iri dan dengki. Berpikir sehat berarti membuang jauh-jauh pikiran dan hati negatif, serta lebih banyak menggunakan pikiran dan hati positif.

Pikiran adalah gagasan dan proses mental. Berpikir memungkinkan seseorang untuk merepresentasikan dunia sebagai model dan memberikan perlakuan terhadapnya secara efektif sesuai dengan tujuan, rencana, dan keinginan

Penelitian psikolog Alia Crum mengungkapkan bahwa cara  berpikir tentang kesehatan dapat mengubah hasil kesehatan. Dia menjelaskan betapa mengejutkannya pola pikir mempengaruhi kesehatan, dan bagaimana seseorang dapat menggunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan

Sehat Berawal dari Pikiran. Sungguh merupakan ide yang revolusioner bahwa kata-kata, gagasan, dan keyakinan  mempengaruhi kesehatan. Dikatakan bahwa pikiran dapat mempengaruhi secara fisik dan emosional. Pikiran adalah seperti benih-benih yang ditanam di dalam benak dan hati manusia. Ketika mereka berkecambah, mereka menghasilkan kesehatan atau penyakit.

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat ungkapan-ungkapan yang negatif yang sering dikatakan, misalnya "Hatiku sakit", "Kata-katanya membunuhku". "Perlakuannya membuat perutku mual", yang dapat termanifestasi sebagai penyakit di dalam diri. Dengan demikian,  diharapkan dapat mengganti berbagai ungkapan/pikiran negatif dengan yang positif, misalnya, "Jempolku baik-baik saja", "Operasinya akan berjalan lancar", Saya gembira melihat pelangi, mendengarkan musik, atau makan makanan yang sehat", dsb.

Keseharian  juga akan menjumpai banyak kesaksian dari para pasien di mana ketika mereka berpikir dan berkata-kata secara positif, penyakit mereka bisa disembuhkan. Demikian juga ketika seseorang berpikir dan berkata negatif. penyakit pun menghampirinya. Dari semua pengalaman ini  akan semakin menyadari kenyataan bahwa kesehatan memang berkaitan erat dengan pikiran.

Manfaat Berpikir Positif untuk Fisik dan Mental akan lebih mudah untuk menerapkan hidup sehat. Berpikiran positif memiliki korelasi yang sangat kuat dengan kesehatan fisik. Menjaga pikiran terus positif, bisa mendorong seseorang untuk mengurangi kebiasaan buruk dan gaya hidup kurang

Pikiran yang positif akan membuat diri lebih fokus untuk melihat kebaikan dalam situasi apapun. Hal ini akan membuat seseorang menjauhi hal-hal negatif dan pengaruh buruk lainnya. Sehingga, memiliki pikiran positif tidak hanya baik untuk kesehatan mental , tapi juga akan membuat seseoraaang kuat secara fisik.

Berpikir positif adalah seseorang dengan menggunakan akal budinya yang mampu membangkitkan semangat untuk perubahan menuju taraf hidup yang lebih baik ,serta menilai pengalaman-pengalaman dalam hidupnya sebagai pengalaman berharga untuk pengalaman berikutnya dan semua itu sebagai proses hidup yang harus diterima.

“Semakin kamu memberi makanan pada pikiranmu dengan pikiran-pikiran positif, semakin kamu mendapatkan hal-hal menarik kedalam hidupmu;” – Roy T Bennett. Hidup terasa lebih ringan jika selalu berfikir positive.