Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kepribadian Kuat Kunci Menuju Kehidupan yang Lebih Baik

3 - Kepribadian Kuat Kunci Menuju Kehidupan yang Lebih Baik - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speakingh


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kepribadian Kuat  Kunci Menuju Kehidupan yang Lebih Baik

Edisi Minggu, 21 Juli 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


DALAM mengambil keputusan, orang berkepribadian kuat akan bersikap tegas dan menunjukkan sifat percaya diri, mempunyai tujuan jelas, dan siap mengambil tindakan. Orang dengan kepribadian kuat menjunjung tinggi rasa hormat dan sikap sopan. Dia akan menerapkannya kepada orang lain dan berharap menerima hal yang sama.

Orang dengan kerpibadian yang kuat cenderung percaya diri, tidak sombong, optimis, serta realistis. Pada umumnya mereka bertanggung jawab penuh atas tindakan mereka dan mengakui kegagalan atau kesalahan mereka. Seseorang dengan kepribadian  kuat biasanya bertahan dengan alasan yang rasional.

Kepribadian atau personality adalah kumpulan karakteristik dari perilaku, kognisi, dan pola emosional yang terbentuk dari faktor biologis dan lingkungan, dan yang berubah dari waktu ke waktu.

Hal ini karena kepribadian seseorang memainkan peran besar dalam hidupnya. Sejak lahir, manusia dibentuk oleh lingkungan dan pengalamannya, kemudian mengembangkan sifat-sifat tertentu melalui cara orang tua mendidik dan membesarkannya. Kepribadian seseorang menentukan kekuatan, kelemahan, dan preferensi masing masing yang bersifat unik. Selanjutnya, kepribadian akan mempengaruhi bagaimana orang memandang dirinya.

Kepribadian memiliki pengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan yang akan membawa kedalam berbagai makna kehidupan; diantaranya : kesuksesan, kegembiraan, kepuasan, stres, kesedihan, dan kekecewaan, dsb.

Manfaat memiliki kepribadian yang kuat memengaruhi hubungan individu dengan orang lain dan lingkungannya, kehidupan pribadinya, dan tentunya adalah karier dan kesuksesan.

Karena kehandalan dan keuletannya, orang-orang dengan kepribadian yang kuat seringkali dihormati oleh atasan dan rekan kerja, bahkan lingkungan dimana dia berada. Hal ini berdampak pada terbukanya peluang yang lebih besar termasuk promosi dan kesuksesan dalam berkarier. Itu juga yang menempatkan mereka pada posisi yang kuat untuk wawancara kerja karena mereka biasanya bekerja dengan baik.

Secara umum, orang dengan kepribadian kuat banyak dicari secara sosial. Rekan-rekan mereka menemukan energi dan optimisme mereka yang menular, dan mereka senang berada di sekitar mereka. Hal ini menjadikan orang yang berkpribadian yang kuat sangat populer dan digemari.

Sehingga orang disekitar akan merasa senang berhubungan, terbuka, dan akan mendengarkan serta beruapaya untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh orang yang memiliki kepribadian yang kuat. Mereka mengetahui bahwa orang tersebut memilki pikiran positif, semangat, tidak mudah patah arang, belajar dari kegagalan, ulet dalam penyelesaian masalah, dll.

Menurut Aristoteles :“Mengenal diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan.” Hal ini dapat diartikan bahwa langkah awal untuk mengembangkan kepribadian yang kuat adalah dengan mengenal terlebih dahulu diri sendiri. Jika tidak memilki waktu atau dianggap menghabiskan waktu yang sia-sia untuk memahami ciri-ciri kepribadian diri sendiri, maka selanjutnya tidak akan bisa melangkah ke arah yang benar.

Sudahkah anda mengenal kepribadian anda sendiri ?

Memahami kepribadian diri sendiri berarti akan mengidentifikasi karakteristik yang alami bagi dan menyaring kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Karena kepribadian memiliki unsur subjektifitas, dan otak manusia memiliki bias kognitif, maka mencoba untuk memahaminya bisa menjadi proses yang rumit