Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hilangkan Pikiran Negative Untuk Hidup Lebih Bahagia

1 - Hilangkan Pikiran Negative Untuk Hidup Lebih Bahagia - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speakingh


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hilangkan Pikiran Negative Untuk Hidup Lebih Bahagia

Edisi Minggu, 4 Agustus 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


PIKIRAN negatif adalah kecenderungan untuk menilai situasi dari sudut pandang yang pesimis. Pemikiran ini sering muncul saat berinteraksi dengan orang baru atau menghadapi pengalaman baru.

Pikiran  negatif dapat mengganggu ketenangan dan kedamaian dalam diri seseorang. Pikiran ini dapat muncul akibat tekanan, stres, lingkungan yang tidak sehat, atau pengaruh negatif dari orang-orang di sekitar.

Untuk menghadapinya, penting untuk mengetahui cara menghilangkan pikiran kotor agar dapat menjaga kesehatan mental dan emosional.

Perlu memahami bahwa pikiran negative adalah bagian dari alur pikiran yang normal. Namun,  tidak perlu terjebak atau terus-menerus memikirkan hal-hal negatif. Satu di antara cara menghilangkan pikiran kotor adalah dengan melakukan meditasi.

Dengan mengalihkan perhatian ke dalam dan fokus pada pernapasan,  dapat meregangkan otak dan menenangkan pikiran.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menghilangkan pikiran negative. Berolahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan memberikan perasaan nyaman.

Dengan memahami dan menerapkan cara menghilangkan pikiran negative ini, dapat mencapai ketenangan batin yang lebih baik dan menjaga kesehatan mental seseorang.

Meditasi adalah teknik yang efektif untuk menghentikan kegiatan berpikir negatif dan membawa pikiran ke keadaan tenang dan damai.

Melalui meditasi, seseorang bisa mengamati pikiran mereka tanpa menghakiminya dan menggantikan pikiran kotor dengan pikiran yang lebih positif dan konstruktif.

Dengan menulis jurnal, dapat mengungkapkan pikiran negative secara bebas dan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Dengan menceritakan atau menulis pikiran  pada selembar kertas,  dapat melepaskan emosi yang terkait dan mengembangkan cara baru untuk memperbaiki atau mengatasi pikiran tersebut.

Olahraga fisik dapat membantu menghilangkan pikiran negative dengan melepaskan endorfin, hormon yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Melalui olahraga, dapat mengalihkan pikiran dari pikiran negative ke aktivitas fisik yang menyenangkan dan membangun kebugaran serta kesehatan mental.

Jika pikiran negatif yang ada semakin sulit dikendalikan, konsultasikan dengan seorang profesional yang pakar di bidang psikologis atau Hipnosis.

Atau bisa mengikuti pelatihan Power Of Mind, workshop tentang mekanisme pikiran dan mengoprimalkan pikiran bawah sadar. Menghilangkan kotoran-kotoran pikiran masa lalu, trauma ataupun innerchild yang belum selesai sehingga terkadag mengganggu pikiran dengan tehnik Forgiveness Teraphi.